Kamis, 09 April 2015

Jejak Sejarah Pabrik Rokok Sampoerna

Tahukah Anda tentang rokok kretek yang bermerek Sampoerna ? Tentu ada banyak yang mengetahuinya dan bahkan menjadi penggemar rokok terkenal itu.

Tetapi tahukah Anda tentang nama Liem Seeng Tee ? Tentu ada sebagian yang mengetahuinya dan sebagian lainnya belum tahu siapa dan ada apa dengan nama itu .

Begitulah adanya, nama Sampoerna memang lebih terkenal dari pada nama perintisnya yaitu Liem Seeng Tee. Ya, Liem Seng Tee adalah pendiri industri rokok yang besar dan legendaris itu.

Dalam perjalanan sejarahnya, siapa sangka jika ternyata gurita industri rokok kretek di Indonesia itu diawali oleh Liem Seeng Tee dengan berjualan tembakau secara asongan di gerbong-gerbong kereta api dari Surabaya - Bojonegoro.

Usahanya itu kemudian berlanjut dengan

Liem Seeng Tee berjualan tembakau dan rokok dengan berkeliling dari kampung ke kampung dengan menggunakan sepeda kumbang. 

Setelah usahanya berkembang dan menjadi besar, Liem Seeng Tee akhirnya bisa membeli bangunan lama sebagai pabrik rokok kretek dan mempekerjakan banyak karyawan.

Bangunan lama cikal pabrik rokok kretek Sampoerna itu sejak beberapa tahun lalu menjadi destinasi wisata bernama House of Sampoerna yang berlokasi di Jalan Taman Sampoerna no 6 - Surabaya. 

Selain menjadi museum yang menyimpan benda-benda berkaitan dengan sejarah rokok Sampoerna, di sana kita juga bisa menyaksikan akitifitas karyawati yang bekerja melinting rokok kretek Sampoerna pada hari dan jam kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar