Senin, 20 April 2015

SEJARAH: Kisah Monumen Martadinata di Puncak Pass

Gan bagi kalian yang bermukim di wilayah JABODETABEK pastinya ada yang sudah pernah main ke wilayah Puncak dong?? . Nah, apabila kalian pernah berkunjung ke Puncak pastinya kalian akan mengenal yang namanya Masjid Jami' Attawun yang terletak di kawasan Puncak Pass.

Quote:

Laksamana Laut R.E. Martadinata
Menteri / Panglima Angkatan Laut periode Th. 1959 - 1965

Tapi kali ini saya tidak akan membahas Masjidnya, tetapi saya akan membahas soal sebuah monumen yang terletak di bagian sisi kiri Masjid. Ada yang sudah pernah tahu kisah kecelakaan Helicopter di tahun 1966. Ya, tepatnya tanggal 1 September 1966 ada sebuah kejadian tragis dan mengerikan di Puncak Pass ini.

Seorang Laksamana Muda sekaligus Pahlawan Nasional Laksamana RE Martadinata mengalami kejadian tragis yang merenggut nyawanya. Sebuah helikopter jenis Alloute A IV 422 yang dipiloti Letnan Willy dan ditumpangi Laksamana RE Martadinata Kolonel Syed Mazhar Ahmed dan istrinya Begum Salma jatuh dikawasan tersebut.

Kronologisnya seperti ini gan

Quote:
Pengabdian kepada bangsa dan negara dilanjut*kan ketika diangkat menjadi Duta Besar dan Berkua*sa Penuh di Pakistan pada tanggal 1 September 1966. Pada saat peringatan HUT ABRI tanggal 5 Oktober 1966, ia datang ke Jakarta untuk menerima kenaikan pangkat menjadi Laksamana di Istana Negara. Tang*gal 6 Oktober 1966, R.E. Martadinata mengajak ko*leganya dari Pakistan Kolonel Syed Mazhar Ahmed dan istrinya Begum Salma serta Magda Elizabeth Mari Rauf ke Puncak menggunakan helikopter jenis Alloute A IV 422 yang dipiloti Letnan Willy. Kembali dari Puncak menuju Jakarta, R.E. Martadinata mengam*bil alih kemudi pesawat dan menerbangkan sendiri bersama tamunya. Tetapi naas, saat melewati Puncak Pass tiba-tiba cuaca buruk dan pesawat heli menabrak tebing batu dan meledak mengakibatkan gugurnya R.E. Martadinata dan seluruh penumpangnya. Jenazah-nya dimakamkan di Kalibata dengan inspektur upa*cara Jenderal TNI Soeharto. Pemerintah menghargai jasa-jasa dan perjuangannya serta mengangkat Laksa*mana TNI R.E. Martadinata sebagai Pahlawan Na-sional melalui Skep Presiden tanggal 7 Oktober 1966.
Nah mungkin seperti itu gan cerita sejarahnya... 
Di kutip dari http://forum.viva.co.id/member.php?u=628861

Tidak ada komentar:

Posting Komentar