Senin, 20 April 2015

Banyak Pemburu Harta Karun Mencari Sebuah Kapal Tua di Laut RI


Diam-diam laut Indonesia menjadi bidikan para pemburu harta karun bawah laut dari seluruh dunia. Hal itu disebabkan karena kehebohan salah satu kapal asing tua yang tenggelam di salah satu ruas laut Indonesia.

Quote:
"Satu kapal asing tenggelam di laut Indonesia. Hampir semua pemburu harta karun mencarinya," ungkap Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad saat berdiskusi dengan media di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Rabu (7/01/2015).
Sudirman mengungkapkan, kapal tersebut bernama Flor de la Mar. Kapal itu berasal dari Portugal.

Secara umum apa yang terjadi dari peristiwa di atas dinamakan kasus Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). BMKT menjadi isu seksi baik di Indonesia maupun dunia. Sampai-sampai Saad hari ini dipanggil ke Gedung Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan untuk dimintai keterangan terkait dugaan diskriminasi izin BMKT.


Quote:
"Ternyata BMKT di Menkopolhukam cukup menarik. BMKT adalah kejahatan trans nasional. Kepolisian RI bahkan di-training khusus untuk kejahatan BMKT ini. BMKT harus ditangani serius, tidak lagi ad hoc. Sebaiknya ditangani oleh sebuah lembaga," paparnya.
Pemerintah, lanjut Sudirman, dihadapkan pada berbagai kendala seperti pencurian harta kekayaan bawah laut dan ketidakmampuan untuk mengelola karena mahalnya biaya.
Quote:
"Negara harus menunjuk kementerian mana yang melakukan survei berapa kapal tenggelam di laut kita. Lalu kita akan tentukan mana yang dikonservasi, boleh diangkat oleh peneliti, dan diiizinkan investor untuk diangkat. Ini adalah sebuah isu baru," jelasnya.


Sumber: Detik

Last edited by adnanmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar